Blogroll

Profil Rumah Musik TangSel

Senin, 05 Februari 2018




       " music is not merely a merchandise, but music is a masterpiece that we should respect "



                   Rumah Musik TangSel adalah sebuah komunitas basis yang didirikan oleh Komunitas Rumah Musik Jakarta. Tujuan dari mendirikan Rumah Musik TangSel ini adalah untuk memperluas jaringan kerja dan membantu mengembangkan visi misi dari Komunitas Induknya yaitu, Rumah Musik Jakarta. Pemilihan wilayah TangSel atau Tangerang Selatan ini dikarenakan salah satu founder dari Komunitas Rumah Musik Jakarta bermukim diwilayah tersebut. Sehingga, muncullah ide dan gagasan untuk mendirikan Rumah Musik Tangsel sebagai basis pertama dari Komunitas Rumah Musik Jakarta. 


                  Fokus bidang kerja yang dijalankan oleh Rumah Musik Tangsel tetap sama seperti Rumah Musik Jakarta yaitu, music education and entertainment center. Hal yang membedakan adalah, Rumah Musik Tangsel hanya bekerja untuk wilayah Tangerang Selatan dan Sekitarnya. Sementara Rumah Musik Jakarta menangani untuk wilayah JABODETABEK dan sekitarnya. Meskipun baru merintis, Rumah Musik Tangsel tidak gentar dengan adanya persaingan dunia bisnis industri musik wilayah Tangerang Selatan. Karena fokus kami bukan lebih kepada persaingan bisnis melainkan, mengembangkan dan melestarikan musik tradisional Indonesia ditengah arus perkembangan zaman dan globalisasi. Hal inilah yang menjadi dasar kami untuk bekerja dan mengkampanyekan musik musik tradisional Indonesia agar tetap eksis. 


                   Begitupun soal bentuk program yang kami jalankan ada berbagai macam, seperti program ekstrakurikuler musik, workshop musik, Les musik, jasa grup entertaint musik, dsb. Semua program yang kami jalankan itu mengusung musik tradisional Indonesia, sebagai bentuk komitmen kami mengkampanyekan lagu2 tradisional ke masyarakat luas agar musik tradisional Indonesia tetap eksis sesuai perkembangan zaman. Dan yang terpenting buat kami adalah musik itu bukan sekedar barang dagangan, tetapi musik itu adalah sebuah proses penciptaan karya yang harus kita apreasiasi. Seperti motto kami yang tertulis diatas, " music is not merely a merchandise, but music is a masterpiece that we should respect ". Ketika kita bisa menghargai sebuah karya seni, ketika itu juga kita bisa mempertahankan seni budaya Indonesia dari gempuran arus globalisasi. Dan prinsip inilah yang menjadi dasar kami untuk membuat sebuah komunitas sebagai wadah menjalankan kerja kerja seni budaya. 


Visi : 

Menjadikan musik sebagai gerakan seni budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi Indonesia. 


Misi : 

Menciptakan karya musik yang berorientasi pada kesenian tradisional dan bukan pada industri musik. 



Tujuan : 
Menciptakan karya musik yang tidak bergantung pada industri/pasar. 
Menyadarkan masyarakat untuk menghargai karya seni musik.





Bidang Kerja


1. Music Education/Pendidikan Musik 
Music Education adalah salah satu bidang yang menangani program belajar musik seperti les privat, pengajaran musik di sekolah (ekstrakurikuler), dan workshop musik. Tujuan dari program ini adalah, kami ingin berbagi pengetahuan kepada masyarakat luas. Bahkan kita juga bisa belajar bersama untuk menggali, menemukan, dan mempertahankan musik tradisional Indonesia. 

2. Music Entertaint/Hiburan Musik 
Music Entertaint adalah salah satu wadah di Rumah Musik Tangsel untuk membuat sebuah karya seni musik yang berorientasi pada kesenian tradisi Indonesia. Tujuan dari program ini adalah, kami ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa karya musik tradisi tidak kalah saing dengan karya musik industri. Program ini bersifat order/job dalam bentuk jasa grup entertaint yang kami punya. 


               Dua bidang itulah menjadi program utama yang ada di Komunitas Rumah Musik Tangsel ini. Agar visi misi bisa tercapai, kami membuka ruang bagi masyarakat, individu, perusahaan, lembaga, komunitas, Sekolah, Universitas, dsb yang sejalan dengan visi misi kami untuk menjadi partner program. Kami sangat senang jika visi misi komunitas kami bisa dijalankan bersama untuk membangun seni budaya Indonesia agar tetap terjaga. 




KOMUNITAS RUMAH MUSIK TANGSEL : 
Sekretariat : Jl. Benda Barat 14 Pamulang Permai II Blok D44 RT 001 RW 013 Pondok 
                      Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten 15434, INDONESIA.  
Contact       : 081286150684 
Pin BB : B01RMJ
Email          : rumahmusik.tangsel@gmail.com 
Blog : https://rumahmusiktangsel.blogspot.co.id/ 

0 komentar: