Blogroll

PROFILE FORUM MUSIK TRADISI INDONESIA - FMTI

Senin, 16 November 2015



Forum Musik Tradisi Indonesia adalah sebuah wadah forum untuk bertemunya para pegiat musik tradisional Indonesia yang berasal dari kalangan akademisi ataupun nonakademisi. Di forum ini kita juga bertemu dengan orang orang yang concern terhadap musik tradisional Indonesia meskipun hanya sebatas pendengar/penikmat. Lebih jauh lagi, forum musik tradisi ini adalah sebuah gerakan kolektif untuk menjaga, melestarikan, dan meregenerasikan musik tradisional Indonesia kepada generasi penerus dalam bentuk diskusi/sharing, workshop, dokumentasi arsip dan audio visual.

Latar belakang didirikannya Forum Musik Tradisi ini adalah karena sebuah kondisi dan keadaan di zaman sekarang, yang faktanya musik tradisional Indonesia sudah kehilangan eksistensinya ditengah era modernisasi. Ketakutannya adalah ketika tidak terjadi regenerasi secara tersistematis dan menyeluruh, musik tradisional Indonesia akan hilang begitu saja seiring maraknya musik ‘industri’ yang beredar. Salah satu cara yang paling efektif untuk meregenerasikan musik tradisi adalah dengan membuat wadah forum diskusi secara terbuka dan berkala. Dengan cara ini maka kita bisa bertukar pikiran dan pengalaman, bahkan kita juga bisa memberikan workshop kepada audiens. Dengan begitu, kita telah membuat proses regenerasi agar musik tradisional Indonesia tetap terjaga eksistensinya sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa kita.

Hal yang paling terpenting dari forum ini adalah kita bisa bertemu dengan pegiat musik tradisi dari masing masing daerah yang berlatarbelakang akademis ataupun nonakademis. Dengan begitu, forum ini akan menjadi wadah jaringan antar pegiat musik tradisi dari seluruh nusantara. Ketika kita bisa saling bertemu dan bertukar pikiran, maka kita akan semakin kuat untuk menjaga, melestarikan, dan meregenerasikan musik tradisional Indonesia secara sistematis dan menyeluruh kepada generasi penerus. Memang tak mudah untuk meregenerasikan sebuah kesenian ditengah zaman modernisasi ini. Setidaknya, forum ini bisa menjadi bukti bahwa kepedulian kita terhadap kesenian khususnya musik tradisional akan memberikan dampak positif terhadap generasi selanjutnya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan utama untuk mendirikan forum diskusi ini. Bisa kita bayangkan jika tidak ada proses regenerasi apa jadinya bangsa kita kedepan nanti! Sekalipun telat, tidak ada salahnya kita mulai bergerak bersama untuk menjaga, melestarikan, dan meregenerasikan musik tradisional Indonesia. Agar kekayaan budaya bangsa kita tetap terjaga dengan baik. Salam Budaya! Admin Forum Musik Tradisi Indonesia.

0 komentar: