Blogroll

Specifikasi Computer Recording

Senin, 02 Juni 2014

Komputer recording adalah tidak serumit yang anda bayangkan asal komputer dirancang sesuai dengan spek kebutuhan recording. Komputer recording hampir sama dengan spek pada komputer game yang mana memerlukan graphic card atau VGA yang bagus, ram tinggi, processor tinggi, kecepatan hardisk, sistem pendingin yang low noise atau tidak ribut, monitor dengan resolusi tinggi atau sekarang sudah ada monitor LCD dari tipe apa saja sudah cukup.

Berikut adalah detail keperluan spek yang cukup memadai untuk keperluan studio recording dengan sistem dari windows atau PC biasa. Spek ini sudah diuji dengan software recording Sonar dan Windows Vista/XP.

Motherboard: Asus w/P35 Chipset(opsional), Intel(pilih yang game aplikasi)
CPU: Intel Core 2 Quad 2.8GHz/1333MHz
RAM: 2GB DDR (minimal)
Hard Drive: Seagate 160GB(untuk sistem C) & 250GB(untuk data) SATA
Optical Drive: Liteon DVD Rw
VGA: GeForce 8400GS (minimal)
Ports: 2xFire wire dan 2xUSB 2.0

Note: Spek ini sudah pernah saya buat November 2008 untuk membantu teman yang ingin buat recording. Asus tipe ini barang import. Sedang komputer lain menggunakan mother board Intel yang game aplikasi juga sangat bagus dan lebih murah.
Ya kalo duit bukan masalah beli aja yang sudah memang computer untuk recording. Saya beli import satu lalu dari situ saya sedikit kreatif untuk merancang sendiri spek komputer yang lumayan handal. Saya nulis pengetahuan ini untuk mereka yang mau irit-irit. Kebetulan saja saya ini punya pengetahuan hardware karena kakak punya toko komputer di Bali jadi bisa test-test semau gue.

Hal Lain Yang Penting

Hard Drive atau Hard disk
Terkadang susah menemukan hard disk merek yang sesuai spek. Namun yang terpenting gunakan hard disk dengan speed minimal 7200rpm atau yang benar adalah 10000rpm. Sama sekali buruk untuk speed hardisk 5400rpm. Sangat penting dengan speed tinggi karena waktu recording disk berputar terus dan ini memerlukan kecepatan tinggi untuk akurasi penerimaan dan penulisan input. Meminimalis delay atau waktu tunda. Misal waktu jreng gitar seketika sudah diterima oleh software recording.

Mouse
Koneksi mouse lebih baik menggunakan port PS bukan dari port USB karena akan mempengaruhi kinerja software terutama masalah dengan delay atau dalam recording dikenal dengan Latency.

Monitor
Pilihlah monitor dengan resolusi tinggi. Sekarang sudah ada monitor LCD dengan harga terjangkau. Juga akan lebih aman untuk mata kalau kerja dalam jangka waktu yang lama.

VGA
Terkadang dalam recording kita memerlukan dua monitor untuk melihat aplikasi yang sedang dijalankan. Kalau memang perlu dua monitor maka pilihlah VGA dengan dual port sehingga bisa digunakan untuk 2 monitor di saat yang sama.

Sistem Pendingin
Ini terdapat pada sistem adaptor listrik dan pada sistem processor. Pada PC rumahan biasanya ada suara gemuruh di dalam cashing komputer. Usahakan mencari fan/kipas pendingin ini yang low noise alias tidak ribut karena akan mengganggu konsentrasi kerja anda pada saat mixing dan mastering. Karena sebenarnya anda sedang bekerja apakah noise atau desis datang dari track. Kalau komputer sendiri sudah ribut maka menjengkelkan waktu anda mulai pada pekerjaan mixing ini. Mengganggu sekali! Merek rekomendasi adalah merek Zalman.

Batterai Back Up/UPS
Sangat penting untuk menggunakan UPS pada komputer karena kalau listrik tiba-tiba padam maka akan memicu kerusakan pada sistem dan juga hardware.

Speaker
Speaker atau sering disebut speaker monitor dalam dunia recording berbeda dengan speaker rumahan atau speaker komputer yang umum. Speaker komputer biasa dirancang untuk mendengarkan lagu sudah jadi. Sudah melalui proses mastering dan mixing. Atau kita mengenalnya sebagai Hi Fi. Tetapi monitor dalam recording kita memerlukan speaker yang disebut dengan speaker Flat. Dan ini harganya memang cukup mahal dan makin kelas makin mahal. Biasanya ini adalah speaker aktif. Merek mulai Samson sampai ke JBL.


Headphone
Pekerjaan merekam adalah pekerjaan memandang dan mendengar. Di saat mulai mendengarkan maka kebutuhan akan headphone menjadi sangat penting karena pada saat mixing dan mastering kita akan mengatur balance suara dari setiap track. Ingin mengatur tingkat volume, stereo dan bahkan surround masing-masing instrumen. Investasikanlah uang anda pada headphone yang memadai agar telinga anda selamat dari tuli atau gangguan penurunan pendengaran. Merek rekomendasi saya adalah Sennheiser. (Sumber: http://www.madeblues.com/recording_computer.htm)

0 komentar: